3 Trik Merawat Mobil Agar Terhindar Dari Karat Dan Keropos

merawat mobil

Tekanan angin dalam setiap bahan harus terus diperhatikan, jika sering berpenumpang banyak bisa disetel ketekanan yang tertinggi, jika penumpang sedikit gunakan tekanan angin minimal. Perhatikan juga jangan membawa penumpang melebihi yang direkomendasikan, mengemudilah pada batas kecepatan sesuai kemampuan ban, cuci dan bersihkan ban bila perlu disemir agar elastisitas ban terjaga. Aki adalah komponen penting dalam mobil, untuk itu merawat aki adalah juga sangat penting. Dari pemeliharaan untuk aki basah, jaga level ketinggian dan level bawah air aki yang seharusnya, jika airnya kurang isilah. Gunakan ampere yang sesuai dengan kebutuhan listrik mobil terutama mereka yang memakai aksesoris tambahan.

Komponen mobil yang kondisinya terjaga memastikan fungsi-fungsi mobil beroperasi dengan baik sehingga memastikan keselamatan selama Anda menggunakannya di perjalanan. Manfaat lainnya dari rutin melakukan perawatan mobil adalah menghemat biaya pengeluaran untuk perbaikan. Logikanya, proses perawatan kendaraan akan menjadi komponen-komponen kendaraan tidak mudah rusak. Dalam proses mengaplikasikan cara merawat mobil bekas memang Anda harus memperhatikan setiap detailnya dengan baik mengingat penggunaannya yang lama.

merawat mobil

Jangan terlalu sering menyalakan sound sistem tanpa menghidupkan mobil. Kendaraan yang jarang dipakai menyebabkan aki cepat soak dan rusak. Jika Anda tidak yakin mengenai kondisi aki mobil, segera bawa mobil ke bengkel terdekat. Hal paling mudah untuk merawat aki mobil Anda adalah dengan memastikan air aki berada pada batas yang ditentukan.

Cara merawat mesin mobil selanjutnya adalah dengan mengisi bahan bakar penuh. Kebiasaan mengisi bahan bakar dengan tidak penuh bisa membuat kotoran dan kerak menempel di atas tangki bahan bakar. Untuk itu, sebaiknya anda bisa mempelajari cara merawat mesin mobil agar kendaraan kesayangan terawat dengan baik. Sebagai pengendara tentunya anda ingin mobil anda awet dan bisa digunakan dalam jangka waktu lama.

Di mana perawatan berkala sebaiknya dilakukan setiap 10. 000 KM atau 6 bulan sekali. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat melakukan perawatan berkala? Jika itu dibiarkan bisa merusak tapak ban dan merusak kaki-kaki mobil. Tips merawat mobil anda tentu tidak akan lepas dengan ban yang menjadi faktor kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, ban yang terawat dengan baik akan memperpanjang usianya.

Sementara untuk kinerja pengereman yang optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi Daihatsu terdekat. “Kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat. Bila kurang, sebaiknya segera tambahkan air radiator coolant sesuai batas yang ditentukan, ” ujar Supriyadi, dalam keterangannya, ditulis Sabtu (8/2/2020). Dalam hal ini pemilik mobil sebenarnya bisa melakukan perawatan sederhana dengan melakukan servis rutin.