Cara Sederhana Mengatur Keuangan Keluarga

mengelola keuangan keluarga

Anda tidak akan pernah bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan baik bila terus-menerus jajan makanan di luar. Tips pertama, agar keuangan rumah tangga tidak berantakan, pastikan Anda mengaggarkan biaya bulanan dengan cermat. Ingat ya, jangan asal mengeluarkan uang begitu saja tanpa perhitungan. Nah, berikut ini 10 cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar untuk Anda pelajari dan praktikkan.

mengelola keuangan keluarga

Mengelola keuangan keluarga bisa dibilang menjadi hal yang cukup krusial dalam tolak ukur pernikahan yang harmonis. Bukan tanpa alasan, studi yang dipublikasikan oleh SunTrust Bank mengungkapkan bahwa sebanyak 35% pasangan mengeluhkan uang sebagai masalah utama penyebab hancurnya rumah tangga. Sedangkan 30% pendapatan keluarga dipergunakan untuk membayar berbagai cicilan utang. Lalu 10% pendapatan dialokasikan untuk tabungan dan investasi. Tips selanjutnya untuk mengatur keuangan rumah tangga agar tidak berantakan, sebaiknya Anda catat sirkulasi keuangan secara rinci pada sebuah buku. Trik berikutnya untuk mengatur keuangan rumah tangga yakni dengan menghemat pemakaian listrik di rumah. Listrik ini memang sangat penting dan enggak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, tentunya terdapat beberapa cara mengatur keuangan rumah tangga yang bisa kamu coba. Tentu saja, dengan begini Anda juga bisa menabung lebih banyak.

Anda bisa memulai dari waktu yang terdekat, misalnya perencanaan untuk sekolah PAUD, TK, dan SD untuk anak. Parent Pinters, terutama para ibu diharuskan cermat memilih cara mengse keuangan bulanan dan punya mental baja untuk merealisasikannya.

Anda juga bisa tahu di mana pengeluaran yang kurang perlu dan bisa dialokasikan untuk tabungan. Nantinya, uang tabungan ini bisa dialokasikan untuk hal lain seperti melunasi utang, atau digunakan untuk membiayai dana darurat suatu saat nanti. Pintek merupakan perusahaan teknologi finansial (Peer-to-Peer Lending) yang memiliki misi mendorong transformasi pendidikan melalui inovasi layanan keuangan. Dengan layanan ini, Pintek berkomitmen untuk menjadi roda penggerak perkembangan pendidikan Indonesia. Jika memang jumlah penghasilan bulanan belum memungkinkan untuk disimpan sebagai dana pendidikan, Anda bisa membuat prioritas.