Teknik Merawat Sendiri Sepeda Motor Yang Lama Tak Terpakai

merawat motor

Tidak perlu disesali, nyatanya tidak semua orang mengerti akan bagaimana kondisi mesin motor matic yang baik. Lagi pula cara merawat motor matic tergolong gampang dan biayanya tak terlalu besar.

Perawatan motor matic juga tidak berbeda jauh dengan motor bebek ataupun motor sport. Dimana kita harus selalu melakukan perawatan secara rutin untuk mengecegah kerusakan yang tidak dinginkan. Motor injeksi sangat tergantung pada kondisi aki untuk dapat menghidupkan mesin. Sehingga mesin akan bekerja secara maksimal pada sistem pembakaran. Oleh sebab itu, rawat dan lakukan pengecekan secara rutin pada aki motor.

Dalam proses perawatan motor injeksi tentunya akan ada pergantian komponen dimana memiliki harga cukup mahal. Namun hal ini sudah resiko karena pengguna nya mendapatkan keunggulan dari sisi performa dan hemat bahan bakar. Oleh karena itu cara merawat motor injeksi tidak dapat diabaikan dan harus tetap dilakukan.

Mengingat beberapa motor injeksi juga sudah dibekali dengan fitur canggih didalamnya yang dapat mendeteksi kerusakan melalui kedipan lampu. Lakukan service rutin sesuai jadwal perawatan berkala untuk memastikan semua komponennya bekerja dengan optimal.

Jadi apabila anda sebagai pengguna motor matic mungkin tips tentang cara merawat motor matic kali ini dapat dipraktekan di rumah agar mesin motor tetep awet dan tahan lama. Karena, motor yang tidak pernah mengalami tahap pemeriksaan dapat mengalami kerusakan seperti ban, mesin, aki dan yang lainnya. Untuk menghindari kerusakan-kerusakan yang terjadi pada motor bebek kalian sebaiknya merawatlah dengan baik. Langkah kedua untuk menjaga agar motor matic Anda tetap berfungsi dengan baik adalah melakukan pergantian oli mesin secara rutin atau berkala. Jika Anda sudah melakukan pemakaian motor dengan kecepatan 1500 sampai dengan 2000 km, pergilah ke bengkel resmi terdekat guna mengganti oli pada mesin. Tak mudah untuk mengetahui kondisi aki yang berada pada motor matic, sehingga setiap pengguna motor matic mayoritas pernah motornya mengalami mati aki. Oleh karena itu, disarankan sebaiknya para pengguna harus mengganti AKI dalam 7-8 bulan setelah penggantian terakhir.

Lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali untuk menjaga performance motor matic anda. Oleh karena itu, disarankan sebaiknya para pengguna harus mengganti AKI dalam 7 – 8 bulan setelah penggantian terakhir. Sayangnya, banyak masyarakat kita hanya bisa untuk mengendarai motor vario matic saja, tetapi kurang memperhatikan perawatan motor matic. Motor baru ataupun bekas, nyatanya perlu perawatan untuk membuat kendaraan ini tetap awet.

Palingan kita hanya butuh uang untuk membeli oli ataupun mengganti beberapa komponen yang mengalami kerusakan dikarenakan masa pakainya sudah habis. Apabila umurnya sudah terlalu tua, maka harus diganti dengan yang baru. Cara Merawat Motor Matic – Perawatan sepeda motor harus dilakukan secara berkala agar kondisi motor selalu terjaga. Hal tersebut juga berlaku bagi motor matic bermesin injeksi ataupun masih karburator.

merawat motor

Selanjutnya anda harus melakukan servis secara rutin sesuai dengan bengkel resmi. Misalnya jika anda pemilik motor injeksi Honda maka dapat langsung dibawa ke AHASS.

Bagi pengguna sepeda motor Honda, lakukan perawatan di bengkel resmi Honda atau AHASS yang telah didukung oleh mekanik yang handal dan tentunya profesional. Perawatan pada servis berkala motor matic biasanya meliputi penggantian oli, membersihkan karburator dan seting motor.

Montir akan melakukan pengecekan keseluruhan sehingga dapat menghindari kerusakan motor injeksi anda. ”Termasuk saat lama tak terpakai di rumah, beberapa hal perlu diperhatikan pemilik. Karena kadang terdapat komponen atau bagian sepeda motor yang butuh diperhatikan saat diam dalam jangka waktu cukup lama, yang dikhawatirkan mempengaruhi kinerja, ” ucap Endro. Filter kaburator harus terjaga dengan baik agar mesin motor bebek dapat berfungsi dengan normal. Untuk membersihkan filter kaburator cukup dengan menggunakan kompresor angin dan lakukan pengecekan tiap servis/ganti oli.